Minggu, 21 Juni 2015

Mengubah Frekuensi pada Audio

Halo teman-teman semua. Biasanya saya menuliskan cerita yang ada disekitar saya, tapi sekarang saya coba menulis tentang tugas yang diberikan oleh dosen pada saya. Teknologi Multimedia, merupakan salah satu mata kuliah yang memiliki 2 SKS.. Mata kuliah Teknologi Multimedia mengajarkan saya tentang apa itu Multimedia, fungsi Multimedia, dampak atau pengaruh dari Multimedia atau hal lainnya. Pada mata kuliah Teknologi Multimedia ada 5 komponen penting yang merupakan bagian dari multimedia, yaitu : foto/image, video, audio, text dan animasi. Namun pada hari ini saya akan lebih menjelaskan audio. Audio adalah suara atau bunyi yang dihasilkan oleh getaran suatu benda, agar dapat tertangkap oleh telinga manusia getaran tersebut harus kuat minimal 20 kali/detik. Pada tugas audio kali ini kami mahasiswa diminta untuk merekam suara dari media manapun. Dan kemudian suara tersebut diubah frekuensinya yaitu pada frekuensi : 11000, 22000 dan 44000. Setelah diubah maka kita akan lihat perbedaan dari masing-masing frekuensi. Pada kali ini saya akan menjelaskan cara mengubah frekuensi dengan aplikasi Adobe Audition 1.5. Adobe Audition merupakan audio editing software. Dan disini saya menggunakan Adobe Audition 1.5 untuk mengubah frekuensi pada suara.

Langkah  kerja :
1. Mulailah download Adobe Audition 1.5. Setelah didownload maka software akan tampil pada desktop.


2.  Kemudian buka aplikasi Adobe Audition 1.5, dan akan tampil seperti gambar dibawah setelah dibuka.


3.  Pilih suara yang telah ada rekam pada folder yang telah kalian simpan atau kalian dapat merekam suara melalui aplikasi ini dengan menekan tombol record dan kemudian stop apabila telah selesai. Dan apabila kalian merekamnya melalui handphone, pastikan format pada rekaman tersebut .mp3 atau .wav jika tidak maka akan terjadi kesalahan. Dan kalian harus mengubah formatnya terlebih dahulu.

4.   Setelah suara telah dipilih maka akan tampil seperti gambar dibawah. Akan tampil gelombang suara sesuai yang suara yang kalian rekam. Apabila suara kalian tinggi maka geombang akan tinggi dan apabila sesaat kalian menghela nafas maka gelombang akan datar.


5.   Lalu save suara tersebut, pilih Save As dan pilih format pada tempat yang telah dibirukan. Pilih format sesuai yang dibutuhkan. Disini saya memilih format .mp3



6. Jangan dulu disave, untuk mengubah frekuensinya menjadi 11000 atau 22000 ataupun 44000 klik options. Kemudian akan tampil seperti ini

7. Pilih frekuensi yang dinginkan, disini saya memilih 24 Kbps, frekuensi 11000 stereo. Kemudian klik ok dan save file tersebut.



8. Kemudian kita bisa melihat perbedaan sebelum suara pada frekuensi diubah dan belum. Maka jelas perbedaan pada Size dan Bit rate nya.



Tentu dengan mengubah frekuensi kita dapat memperkecil ukuran penyimpanan. Dan juga akan terjadi perbedaan gelombang pada sebelumnya sesuai dengan frekuensi yang telah kita diatur. Dengan cara ini kita tidak mengubah kualitas suara namun kita akan  memperkecil penyimpan menjadi lebih kecil dari sebelumnya. Terimakasih semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar